Jumat, 18 Juni 2010

Stasiun Kroya

Stasiun kroya adalah salah satu stasiun yang berada di jalur lintas selatan pulau jawa, setasiun ini merupakan setasiun terbesar di kabupaten cilacap, alamatnya berada di jalan stasiun no 1, staiun ini di bangun pada zaman belanda pada abad ke-19, letak stasiun ini antara staiun kemranjen dan stasiun sikampuh atau stasiun randegan, untuk kreta api kelas ekonomi yang melewati jalur selatan pasti singgah di stasiun ini seperti : KA Kuto jaya selatan, KA Progo, KA kuto jaya utara, KA Bengawan dll. untuk kelas bisnis juga ada sebagian yang berhenti di stasiun ini seperti KA Purwojaya, KA Lodaya, KA Sawunggalih Utama, KA Fajar Utama YK, KA Mutiara Selatan, KA Senja Utama Solo dan KA Senja Utama YK. untuk kelas Eksekutif seperti : KA Bima, KA Malabar Ekspress, KA Argo Lawu, KA Argo Wilis dan KA Turangga.
foto disamping adalah Stasiun Kroya pada tahun 1929 M. Stasiun Kroya adalah wilayah daerah Operasi V Purwokerto, perlu diketahui bahwa stasiun Kroya merupakan stasiun dengan jadwal terpadat di Daop V karena merupakan titik pertemuan jalur utara dan jalur selatan.
Untuk harga tiket kreta di sini tersedia berbagai macam Variasi dari yang termurah Rp 15.000,00 Untuk KA Kuto jaya selatan dan yang termahal adalah Rp 300.000,00 Untuk KA Argo Lawu.
Stasiun kroya juga memiliki kreta sendiri seperti KA Serayu Pagi dan KA serayu Malam, kedua kreta tersebut melayani rute jakarta kota - Kroya dengan waktu tempuh 10 jam, ini merupakan satu-satunya kreta tujuan jakarta atau sebaliknya yang melewati bandung dengan tarif RP 26.000,00

Disarankan jika anda hendak bepergian dengan KA Kelas Bisnis atau Eksekutif barangkat dari kroya agar memesan tiketnya H-5 sebelum berangkat karena pasti tiket terjual habis apalagi kalau anda akan bepergian pada hari jumat, sabtu dan minggu serta libur panjang.
Kereta yang paling populer untuk tujuan jakarta di sini adalah KA Sawunggalih Utama dan KA Purwojaya, sedangkan utuk surabaya adalah KA Turangga, Logawa, KA Gaya Baru malam Selatan dll.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

buset gan,, manteb artikele.. aku wong pucung kidul hehge
kunjungi blog saya ya www.gusfikom.blogspot.com

aku pengin ngerti jenengan ulih foto stasiune kang ndi kang.hehehe... jawabe meng blogq bae ya kang.. maturnuwun..